Nonton Film Gratis Subtitle Indonesia

Nonton Film Gratis Subtitle Indonesia
BotamMovie

Cara Membuat Web Film Streaming

Sejak beralih menggunakan koneksi Fiber Optic, ada kebiasaan baru yang menjadi rutinitas, yaitu nonton film online. Waktunya nonton tv diganti jadi streaming film online. Sudah gak mikir kuota bandwith lagi, beda dengan dulu yang masih menggunakan koneksi modem. Bisa dikatakan paling sebel kalo masuk web-web yang terlalu berat untuk di akses.

Karna itu akhirnya saya belajar kesana-kemari mencari tutorial membuat web video streaming. Berhubung saya sudah terbiasa menggunakan cms wordpress, maka yang pertama kali saya cari adalah streaming yang bisa digunakan dalam blog wordpress. Ada 2 alternatif rekomendasi plugin wp untuk membuat web streaming, yaitu jwplayer dan videojs. Kedua plugin wordpress tersebut gratis bisa langsung diunduh melalui dashboard wp kita. Sebagai tempat penyimpanan video, bisa di server kita sendiri atau kalo mau yang murah maupun gratis bisa memanfaatkan youtube dan google drive.

Diantara plugin jwplayer dan videojs saya lebih cendrung menggunakan videojs karena pada playernya bersih dari logo. Kalo jwplayer versi gratisannya ada logo jwplayer, yang menurut saya cukup mengganggu. Format file yang support dijalankan pada videojs adalah mp4, ogg, webm, flv ataupun bisa langsung memasukan url youtube. Jika anda ingin menyimpan file di hosting sendiri, sebaiknya untuk tahap awal menggunakan vps dengan space yang besar, saya biasa menggunakan crissic, cuma $6an sebulan sudah punya space 150GB dengan bandwith 3TB, mau coba silahkan klik disini.

Step by step membuat web streaming online menggunakan videojs
1. Install wordpress (videojs bisa berdiri sendiri tanpa cms wordpress).
2. Karena menggunakan wordpress, maka lebih mudah memakai plugin. Bisa langsung unduh di https://downloads.wordpress.org/plugin/videojs-html5-video-player-for-wordpress.4.5.0.zip atau search “videojs” dari dashboard wp anda.
3. Setup plugin – Ukuran video, autoplay, preload, responsive, warna dll.
4. Posting menggunakan short code

Cara Membuat Web Film Streaming
Cara Membuat Web Film Streaming


Videojs juga bisa memasukan subtitle, untuk lebih jelasnya tentang short code https://github.com/videojs/video.js/blob/master/docs/guides/tracks.md

Ok langsung saja contoh streaming video yang filenya berasal dari youtube saya ambil contoh film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2014 (Mini Drama)



Demikianlah cara membuat web film streaming dasarnya, semoga masih bisa dikembangkan sesuai dengan keinginan anda.