Nonton Film Gratis Subtitle Indonesia

Nonton Film Gratis Subtitle Indonesia
BotamMovie

Pilih nginx atau apache?

Masalah yang dihadapi para pemakai vps unmanage seperti saya adalah menentukan pemakaian webserver, yang paling banyak digunakan dan sudah umum adalah memakai apache. Kebetulan beberapa minggu terakhir pengunjung website naik drastis sampai hampir 100rb visitor per hari dengan user online 400-1500 rata-rata pengunjung online tiap jamnya.

Pilih nginx atau apache?
Pilih nginx atau apache?
Saya menggunakan pannel webuzo supaya memudahkan dalam memanage vps, masalah timbul ketika pengunjung terlalu banyak, yaitu mysql webuzo sering mati sendiri, sudah coba berbagai setingan untuk mengoptimalkan sumber daya vps tapi hasilnya nihil. Pada jam-jam sibuk mysql selalu mati sendiri. Ada yang menyarankan menggunakan nginx sebagai webserver, katanya lebih hemat penggunaan resource. Akhirnya saya cobalah menginstall nginx via pannel webuzo, kemudian meremove apache server. Setelah itu saya coba restart semua service yang hidup, dan mencoba akses web, namun yang keluar setelah menggunakan nginx justru url postingan menjadi 404 error.

Sepertiya kesalahan pada permalink, dan memang harus ditambahkan beberapa baris kode pada conf.d berikut ini cara agar memperbaiki nginx supaya tidak 404 error ketika pertama kali setup. Saya terbiasa menggunakan nano sebagai editor bisa juga pakai vim, jika belum terinstall, silahkan install dengan kode berikut ini:

– Instal nano, kalo centos pake kode ini : sudo yum install nano
– buka kode ini : nano /usr/local/apps/nginx/etc/conf.d/common
– masukin kode ini di baris pertama :

1
2
3
location / {
try_files $uri $uri/ /index.php?q=$request_uri;
}

– Kemudian Save
– restart Nginx-nya di panel webuzo-service

Trada, setelah itu saya kerjakan akhirnya berhasil web berjalan normal. Saya coba cek load server menjadi lebih rendah dan penggunaan memory jadi lebih sedikit. Kesimpulan pemula seperti saya yang baru belajar menggunakan vps jika disuruh pilih nginx atau apache? jelas saya pilih nginx. Semua hasil coba-coba, dan yang menggembirakan mysql sekarang tidak pernah mati sendiri. Kalaupun terlalu berat beban server, biasanya cuma loading yang lama. Akhirnya nubie bisa juga belajar sedikit-sedikit memanage vps hasil trial eror sendiri dan coba-coba dari info yang di dapat hasil googling bisa menambah pengalaman. Setiap ada permasalahan saya selalu mencoba mencari jalan keluarnya sendiri sehingga lama kelamaan terbiasa menghadapi suatu permasalahan.